-->

Tempat Wisata Terpopuler Tersembunyi Di Cigudeg


                                                          Goa Gudawang

                                     Terletak Di Kampung Cipining Desa Argapura
                                               Kecamatan Cigudeg Kab.Bogor
                                                            Harga Tiket Masuk Rp.4000

Stalaktik atau Stalagmit, merupakan sebuah bebatuan unik dengan bentuk mengkerucut dan umumnya dapat ditemukan menggantung pada sekitar dinding-dinding goa. Menyaksikan pesona indah dan mengagumkan dari berbagai bebatuan yang terbentuk dari hasil tetesan air juga mengandung beberapa unsur mineral sejak ratusan tahun lalu, merupakan sebuah kegiatan yang langka sekali. Pasalnya tidak seluruh gua yang dapat kita kunjungi menyimpan bebatuan unik tersebut.
Terdapat sebuah lokasi wisata menarik yang sayang untuk anda lewatkan. Dengan pesona pemandangan alam yang masih begitu alami, kita juga akan disuguhkan dengan keindahan dari berbagai bebatuan Stalaktik dan Stalagmit yang eksotik. Salah satu objek wisata yang tersimpan dibalik sejuknya suasana alam dikota bogor tersebut, yakni Kawasan Wisata Goa Gudawang.
Lokasi wisata ini, sangat cocok bagi anda yang ingin menyaksikan pesona indah dari sebuah fenomena alam tersebut. Kawasan Wisata Goa Gudawang terletak di Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Selain itu, lokasinya juga berjarak lebih kurang sekitar 44 kilometer dari kota Bogor, dan dapat ditempuh dengan waktu lebih kurang sekitar satu jam perjalanan.


Akses menuju kawasan wisata goa tersebut, juga dapat ditempuh dari arah kota Tanggerang, yakni lebih kurang sekitar 60 kilometer dan memakan sekitar dua jam perjalanan. Kawasan Wisata Goa Gudawang juga termasuk kedalam sebuah kawasan cagar budaya serta hutan yang dilindungi. Tidak salah bila panorama alam yang tersaji disekitar obek wisata ini, tampak masih begitu asri dan alami, serta menawarkan suasana teduh dan udara menyegarkan.
Berbagai jenis pepohonan tumbuh dengan rindang menyelimuti seluruh permukaan kawasan wisata ini, sehingga sangat cocok digunakan sebagai areal untuk bersantai dan berekreasi. Terdapat pula beberapa fasilitas berupa tempat-tempat peristirahatan disekitar areal wisata tersebut, yang dapat kita gunakan untuk duduk sembari menikmati sajian alam yang ditawarkan.
Keunikan dari Kawasan Wisata Goa Gudawang, yakni terdapat sekitar 12 buah goa dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda-beda, serta tersebar disekitar areal dengan luas lebih kurang sekitar 25 hektar tersebut. Hingga saat ini, belum diketahui dengan pasti sejarah penemuan salah satu warisan kebudayaan ini. Namun menurut pihak Dinas Kebudayaan setempat, nama Goa Gudawang sendiri diambil dari bahasa penduduk setempat yang artinya adalah ekor kuda yang dikepang. Masih belum begitu jelas hubungan antara nama tersebut, dengan beberapa goa yang terdapat dikawasan wisata ini. Hal tersebut, seperti menjadi sebuah misteri yang menyelimuti berbagai keindahan Taman Wisata Goa Gudawang.
Kawasan Wisata Goa Gudawang memiliki 3 buah goa yang telah dikembangkan menjadi objek wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya yakni Goa Sipahang. Suasana alam disekitar mulut goa ini, terasa begitu sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.
Berjalan serta menyusuri dalamnya Goa Sipahang akan menjadi sebuah kegiatan berpetualang yang begitu berkesan. Pasalnya tersaji berbagai rintangan alam yang harus kita lewati, guna dapat menyaksikan pesona dari goa dengan panjang lebih kurang sekitar 750 meter tersebut. Mulai dari lintasan bebatuan yang cukup licin, hingga keadaan disekeliling yang tampak begitu gelap.
Keindahan Goa Sipahang seperti memang tersembunyi dibagian dalam, Pasalnya banyak sekali pemandangan menarik yang bisa kita temukan diperut goa terpanjang ini. Mulai dari lorong-lorong goa dengan bentuk yang unik, Chamber atau sebuah ruangan yang luas didalam perut goa, Gourdam atau kolam kecil yang terbentuk secara alami, serta berbagai jenis dan ukuran bebatuan Stalaktik dan Stalagmit disekitar dinding goa. Berbagai keistimewaan tersebut, akan menjadi sajian yang begitu mengagumkan untuk disaksikan.
Menyusuri goa lainnya yang disebut dengan Goa Simenteng. Dengan memiliki panjang lebih kurang sekitar 250 meter, Goa Simenteng menjadi salah satu goa yang terlihat begitu indah dan memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya selain menyuguhkan pemandangan eksotik berupa berbagai bebatuan Stalaktik dan Stalagmit didalamnya, Goa Simenteng juga terlihat begitu unik dibagian luar. Dimana mulit goa tersebut, terlihat seperti sebuah arca kuno yang diukir menyerupai mulut seekor harimau. Mengagumkan bukan? Pemandangan tersebut juga mampu memberikan suasana mistis bagi wisatawan yang menyaksikannya.
Goa terakhir yang dapat kita kunjungi, yakni Goa Simasigit. Tidak jauh beda dengan Goa Simenteng, mulut goa ini juga terbuat dari ukiran batu atau arca yang menyerupai mulut seekor harimau. Selain itu, kita juga akan disuguhkan dengan pesona eksotik dari bebatuan Stalaktik dan Stalagmit ketika memasuki Goa Simasigit. Bahkan bebatuan unik tersebut dapat langsung terlihat pada bagian mulut goa yang memiliki panjang lebih kurang sekitar 30 meter tersebut.
Terdapat beberapa fasilitas yang tampak telah disediakan oleh pihak pengelola Kawasan Wisata Goa Gudawang. Diantaranya, yakni berbagai perlengkapan untuk menyusuri goa, seperti senter, pipa atau selang oksigen, lampu-lampu penerangan didalam goa, sebuah penggung untuk melakukan pertunjukan kesenian, arena bermain bagi anak-anak, warung-warung yang mmenjajakan berbagai jenis menu makanan dan minuman ringan, serta jasa pemandu guna menemani kegiatan kita menyusuri goa.
                                                          Curug Grahong



                                              Terletak di Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg,Kabupaten Bogor 

Curug Grahong terletak di sekitar Bogor Barat, hanya memakan waktu ± 20 menit dari Gua Gudawang.  Curug ini memiliki ketinggian sekitar 15 m dengan tipe kontur yang berundak. Dinding curug ini dihiasi bebatuan granit berwarna hitam hasil pembentukan lelehan leher panas.
Bisa Di Akses:
Berjarak 30 km (1 jam waktu tempuh) dari kota Bogor atau 60 km (2 jam waktu tempuh) dari kota Tangerang.  Untuk menuju ke tempat wisata ini dapat masuk dari Bogor melalui jalur Jasinga atau dari Tangerang melalui Parung Panjang.  Bila masuk dari arah Tangerang kondisi jalnnya rusak parah dan berdebu, karena jalan ini tiap hari dilewati truk-truk besar pengangkut batu dan pasir.

                                                     Danau Quarry


                                                           Harga Tiket Masuk Rp.5000/per orang

Danau Quarry dahulunya adalah bekas lahan pertambangan batu dan juga pasir yang dikelola oleh PT Jayamix untuk pembuatan beton. Tapi karna proses pertambangan menghasilkan getaran getaran disekitar pertambangan yang membuat mengganggu warga sekitar, akhirnya dihentikan dan dibiarkan. Sehingga legokan bekas pertambangan tersebut terisi oleh air hujan. Dan uniknya, air yang ada di Danau tersebut berwarna hijau.

                                      Perkebunan Teh Cirangsad



                                                   Tiket Masuk Gratis Tapi Sekarang Berbayar

Perkebunan Teh Cirangsad dengan luas 300 hektar lebih, yang terletak di dua desa anatar desa Banyuresmi dan desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor Jawa Barat

5.Batu Tapak
6.Setu Cigudeg
7.Kolam Renang Tirta Alam Gunung Leutik Bolang

Baca juga : Wisata Malam Seribu Bintang Semakin Indahnya Gemerlap

0 Response to "Tempat Wisata Terpopuler Tersembunyi Di Cigudeg"

Posting Komentar

Ingat Wisata ke Jogja, Ingat Lezatnya Jogja Scrummy

Dude Harlino artis sekaligus aktor nasional mempersembahkan oleh-oleh hits dan kekinian Jogja Scrummy. Jogja Scrummy merupakan perpadu...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel