-->

Wisata Religi Dapat Menjadi Daya Tambah Bogor


SEKTOR pariwisata dapat dijadikan leading sector. Pariwisata diharapkan mampu menggenjot pendapatan asli Daerah (PAD) bersama sektor ekonomi kreatif, dan infrastruktur, Pariwisata memiliki peranan penting. Impact-nya juga dapat terasa langsung bagi kemakmuran daerah.

Apalagi modal untuk mengembangkan pariwisata relatif murah, pariwisata banyak menciptakan lapangan kerja .Persiapan pariwisata sebagai leading sektor terus dikebut. Anggaran disiapkan. Pengembangan infrastruktur juga dipercepat. Yang paling penting, perizinan bagi investor dipermudah.

Selama ini mayoritas event masih bersifat seremonial. Untuk kedepannya diharapkan dapat mengkurasi beberapa event untuk dijadikan sebagai annual event yang mempunyai daya tarik wisata. Salah satunya ialah destinasi yang bisa digali semisal keberadaan Mesjid al-mustofa, sarana ibadah tertua yang dibangun pada tahun 1728 silam.

Lokasi tempat peribadatan umat islam itu merupakan cagar budaya semenjak tahun 2010, mesjid tersebut memiliki peninggalan sejarah yaitu Al Qur’an dan naskah khutbah yang ditulis tangan oleh Tubagus Al Mustofa Bakrie.

Kawasan itu bisa dijadikan sebagai wisata religi. Selain itu pemerintah kota Bogor harus mempersiapkan kawasan khusus untuk destinasi wisata kuliner seperti kawasan Malioboro di Yogyakarta.

Keseriusan dalam hal ini akan terlihat dari bagaimana Pemerintah daerah memprioritaskan sumber daya dan anggaran di pariwisata. Seperti halnya mengenai besaran anggaran untuk pariwisata, Walikota Bogor mendatang harus yang benar-benar committed dan konsisten membangun pariwisata, karena tugasnya menentukan arah dan mengalokasikan sumber daya, Selain Bogor dijuluki sebagai Kota Bogor menyimpan banyak sejarah perkembangan Islam di tanah Jawa Barat terutama Di Bogor.
Sejumlah catatan menjelaskan bahwa wilayah Bogor termasuk tempat penyeberan agama Islam yang disebarkan oleh para ulama dari wilayah lain di Jawa Barat, Bukti-bukti penyebaran Islam di Bogor ditunjukkan lewat peningkatan masjid bersejarah dan dokumen dalam bahasa Arab,Di Bogor sendiri banyak masjid yang menyimpan sejarah perkembangan agama Islam di kota ini.

Termasuk sejumlah masjid yang dibangun disaat perkembangan Bogor sudah mulai pesat, yaitu masjid yang bisa menjadi tujuan wisata religi saat Anda berkunjung ke Bogor, Mushola di Vihara Pan Kho Bio, Tak berlebihan rasanya bila vihara ini disebut sebagai simbol toleransi antar umat beragama, Meski identik dengan tempat ibadah warga Tionghoa, ternyata vihara bernama Vihara Mahabrahma ini juga memiliki tempat ibadah untuk umat muslim.



 

0 Response to "Wisata Religi Dapat Menjadi Daya Tambah Bogor"

Posting Komentar

Ingat Wisata ke Jogja, Ingat Lezatnya Jogja Scrummy

Dude Harlino artis sekaligus aktor nasional mempersembahkan oleh-oleh hits dan kekinian Jogja Scrummy. Jogja Scrummy merupakan perpadu...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel