-->

Menjelajah 10 Wisata Curug Air Terjun Yang Tersembunyi Di Bandung Raya

Menjelajah tempat wisata alam di Bandung tak akan habisnya deh, kali ini wirasel menampilkan daftar curug air terjun di bandung dan sekitarnya. Tempat wisata air terjun sangat cocok dikunjungi bagi kalian yang mempunyai hobi camping atau khusus kalian yang nafsu banget bisa mandi dan main air di bawah kucuran air terjun.

Curug Air Terjun di Bandung dan Sekitarnya

Lokasi air terjun yang tersebar di arah barat, timur, utara dan selatan dari pusat kota Bandung. Bakal membuat para traveller memiliki banyak pilihan destinasi tujuan wisata. Karena memang Bandung memiliki daerah daratan tinggi dan sumber air pegunungan yang keluar dari gunung. Berikut ini daftar 10 air terjun di area Bandung Raya :

1. Curug Citambur

Curug Air terjun Citambur terletak di perbatasan Bandung dan Cianjur dan tidak juah dari kawasan wisata kawah putih Ciwidey. Memiliki ketinggian sekitar 100 meter yang merupakan air terjun yang paling tinggi diantara curug air terjun di Bandung lainnya. Mempunyai keindahan yang sempurna dengan debit air yang sangat deras, dimana menghasilkan banyak uap air dan kabut apalagi ketika musim penghujan. Juga nampak warna hijau dedaunan dan rumput yang tumbuh di lingkungan hutan.



Harga Tiket Air Terjun Curug Citambur

Untuk memasuki area  curug Citambur bakal dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5000,- dan ongkos parkir sebesar Rp. 2000,-

Rute Air Terjun Curug Citambur

Berada di arah tenggara dari pusat kota Bandung, memiliki jarak sekitar 80 km dan bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 2.5 – 3 jam. Rute perjalanan bisa dilihat dari peta di bawah ini. Karena debit air yang deras pengelola curug Citambur memberi peringatan agar tidak mandi dan mendekati lokasi air terjun. Karena untuk melindungi dari bahaya.

2. Curug Tilu Leuwi Opat

Di dalam komplek wisata Curug air terjun Tilu Leuwi Opat ini memiliki 3 air terjun yang terletak di berjauhan : curug aseupan, curug cilaki dan curug citulang. Dan ada 4 sungai yang mengelilingi : Leuwi Kacapi , Leuwi Bagong, Gentong dan Baeud. Tidak jauh dari lokasi ini terdapat Curug Cimahi, sekitar 1,5 km saja ke arah selatan. Di dalam area tempat wisata ini juga terdapat banyak wahana permainan yang disediakan : flying fox, high rope, body rafting, spider web, v-bridge, paintball, gebuk bantal dan lainnya.



Harga Tiket Air Terjun Curug Tilu Leuwi Opat

Untuk memasuki area air terjun, pengunjung harus membayar karcis sebesar Rp. 10.000,- dan karcis parkir motor sebesar Rp. 3000,- dan parkir mobil sebesar Rp. 5000,-

Rute Air Terjun Curug Tilu Leuwi Opat

Terletak 21 km dari kota Bandung di bagian utara menuju ke kota Lembang, ditempuh selama 1 jam kalau mengendari kendaraan.

3. Curug Cimahi

Dengan ketinggian air terjun sekitar 87 meter, curug cimahi merupakan curug tertinggi daripada curug air terjun di bandung yang lainnya. Dikenal sebagai air terjun pelangi, karena terdapat lampu yang berwarna-warni yang terletak di bawah dan atas air terjun dan dinyalakan ketika sore dan malam hari. Pengelola curug menyediakan banyak fasilitas untuk berfoto selfie dengan background air terjun.



Harga Tiket Masuk Air Terjun Curug Cimahi

Anda harus membayar karcis sebesar Rp 10.000,- per orang untuk memasuki area air terjun. Dan untuk biaya parkir sebesar Rp 2000,- untuk motor dan untuk parkir mobil sebesar Rp 5000,-

Rute Air Terjun Curug Cimahi

Dari pusat kota Bandung ditempuh dalam waktu 0.5 – 1 jam sejauh 19 km. Berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Cisarua Bandung Barat.

4. Curug Dago

Curug air terjun di Bandung yang satu ini memiliki ketinggian hanya 10 meter saja. Terletak di kompleks taman hutan raya Djuanda, dapat dicapai dengan jalan kaki atau sepeda motor. Sebenernya Curug Dago terletak di tengah area pemukiman kota Bandung, sehingga banyak wisatawan Bandunt tidak mengetahuinya. Harga tiket masuk Curug dago adalah gratis, dan waktu buka dan tutupnya pun terbilang bebas, sesuai dengan jam buka taman hutan kota Djuanda.



Rute Air Terjun Curug Dago

Dibawah ini rute perjalanan menuju tempat wisata curug dago, yang ditempuh sejauh 9 km dari kota Bandung selama sekitar 30 menit. Dari arah terminal angkutan Dago, tidak jauh dari situ ada Dago tea house.

5. Curug Jompong

Curug Air terjun di Bandung ini disebut-sebut merupakan awal mulai rusaknya Danau Bandung Purba Timur. Dan sudah dibuka sebagai tempat wisata secara umum pada zaman Belanda dahulu. Tidak ada tiket masuk yang perlu dibayarkan untuk memasuki area curug. Mungkin hanya membayar biaya parkir kendaraan bermotor saja.


Rute Air Terjun Curug Jompong

Rute perjalanan dari kota Bandung sepanjang 20 km, disarankan menggunakan akses jalan Tol Pasteur selama hampir 0.5 – 1 jam menuju ke arah Barat kota.

6. Curug Siliwangi

Curug air terjun di Bandung ini terletak di area bumi Perkemahan Gunung Puntang. Untuk menikmati pemandangan air terjun ini, pengunjung harus mempersiapkan diri karena akses menuju lokasi terbilang berat. Dengan melalui jalanan setapak dan tidak bisa menggunakan mobil. Bagi anda yang mempunyai hobi bersepeda atau camping, spot area ini sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Curug Siliwangi

Untuk memasuki kawasan wisata Gunung Puntang atau Curug Siliwangi ini, anda bakal dikenakan ongkos tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- untuk week day dan Rp.15.000,- pada waktu week end. Untuk ongkos parkir motor sebesar Rp. 3000,-

Rute Air Terjun Curug Siliwangi

Lokasi curug air terjun di Bandung ini sekitar 30 km ke arah selatan dari pusat kota Bandung. Jika ditempuh dengan kendaraan bakal memakan waktu sekitar 1-2 jam. Terletak di kawasan lereng Gunung Puntang.

7. Curug Cinulang

Bagi warga Bandung dan Sumedang, Curug Air terjun Cinulang pasti tidak merasa asing lagi dengan tempat wisata ini. Karena setiap akhir pekan hari Sabtu dan Minggu, banyak sekali warga yang mendatangi obyek wisata ini. Curug Air terjun di Bandung ini biasanya disebut dengan nama lain Curug Sinulang, sesuai dengan lokasi nama kampung.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Curug Cinulang

Setiap pengunjung tempat wisata Curug Cinulang bakal ditarik karcis sebesar Rp.10.000,- oleh pengelola dan pengawas curug. Tapi jangan kaget karena tidak ada karcis resminya. Mungkin tempat ini dikelola secara swadaya masyarakat di sekitar curug.

Waktu Buka dan Tutup Air Terjun Curug Cinulang

Secara spesifik, pengelola wisata air terjun tidak menetapkan waktu buka dan waktu tutup. Secara umum waktu bukanya adalah sekitar pukul 0700 – 1900.

Rute Air Terjun Curug Cinulang

Terletak 42 km sebelah Timur kota Bandung, Curug air terjun Cinulang berada di perbatasan dengan kabupaten Sumedang. Rute menuju lokasi air terjun bisa dilihat dari peta di bawah ini. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor dari Bandung.

8. Curug Malela, Air Terjun Niagara Kecil

Anda mesti tahu Air terjun Niagara di Amerika yang terkenal sebagai Air terjun terbesar dan terlebar di dunia. Malela, Curug Air terjun di Bandung barat ini juga mirip dengan Niagara tetapi memiliki ukuran yang mini. Dengan ketinggian air terjun 20 meter dan memiliki lebar 30 meter, merupakan curug yang paling lebar yang dimiliki oleh Bandung.

Rute Air Terjun Curug Malela

Lokasi Curug air terjun Malela berada di arah Barat kota Bandung. Jaraknya lumayan jauh sekitar 83 km dari pusat kota Bandung. Berada di kabupaten Bandung Barat. Rute menuju spot air terjun ditunjukan oleh peta di bawah ini. Untuk mencapai lokasi air terjun ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Bandung. Melewati medan yang lumayan terjal, dimana tidak bisa diakses mobil.

9. Curug Penganten

Air terjun ini tidak salah jika menjadi salah satu tujuan berwisata di area Lembang dan Bandung minggu ini. Curug ini memiliki sejarah rakyat dimana sepasang penganten yang memiliki nasib mengenaskan tewas di daerah ini. Sebelumnya masyarakat memberi nama Curug Manglayang dan Curug Sewu. Tetapi pengunjung harus menyiapkan usaha yang lebih untuk mencapai titik spot air terjun ini.

Harga Tiket Air Terjun Curug Penganten 

Pengunjung tidak ditarik tiket masuk ke dalam area air terjun.

Waktu Buka dan Tutup Curug Penganten

Tidak ada waktu spesifik waktu buka dan tutup menuju area curug ini.

Rute Air Terjun Curug Penganten

Kalau anda berada di pusat kota Bandung. Menurut peta dan rute menuju Curug Penganten berjarak sekitar 17 km. Obyek wisata ini berada di arah Barat Laut atau tidak jauh dari kota Lembang.

10. Curug Maribaya

Curug Air terjun di Bandung ini terdapat di dalam kawasan resort Maribaya Hot Spring. Di dalamnya terdapat 3 air terjun : Curug Cikawari, Curug Cigulung dan Curug Cikoleang. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota yang bisa ditempuh dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Di dalam resort juga terdapat banyak jenis kolam renang dan banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Rute Air Terjun Curug Maribaya

Lokasi curug maribaya dari pusat kota Bandung berjarak 16 km. Menuju ke arah utara,tepatnya ke daerah kampung Cikondang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Peta rute curug Maribaya ditunjukkan oleh peta di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Curug Air Terjun Maribaya

Curug maribaya terletak di dalam area resort dimana pengelolanya menarik harga tiket masuk sebesar Rp.35.000,-. Di dalam resort Maribaya ini juga terdapat banyak variasi permainan selain pemandangan air terjun. Harga tiket permainan dan fasilitas dijual terpisah.

Waktu Buka Tutup Air Terjun Curug Maribaya

Resort Maribaya memberi waktu buka fasilitas pukul : 07.00 – 22.00

Penutup

Demikian informasi tempat wisata singkat  curug air terjun di Bandung. Semoga membantu para pengunjung mendapatkan tambahan informasi dalam merencanakan liburan dan memilih tempat wisata yang akan dilaksanakan pada waktu dekat.

Baca juga : Ini Dia Tempat Wisata Baru di Kabupaten Bogor yang Lagi Hits

0 Response to "Menjelajah 10 Wisata Curug Air Terjun Yang Tersembunyi Di Bandung Raya"

Posting Komentar

Ingat Wisata ke Jogja, Ingat Lezatnya Jogja Scrummy

Dude Harlino artis sekaligus aktor nasional mempersembahkan oleh-oleh hits dan kekinian Jogja Scrummy. Jogja Scrummy merupakan perpadu...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel